5 Cuplikan jQuery yang Sangat Berguna

Januari 21, 2017
5 Cuplikan jQuery yang Sangat Berguna
Lima cuplikan  jQuery yang sangat berguna dan masih banyak digunakan hingga sekarang ini.
Bagi Anda seorang blogger atau webmaster pasti yang namanya jQuery tidak asing lagi bagi merekadan merupakan hal yang sering kita temui di hampir semua WebSite. sedikit tentang jQuery atau sering di sebut sebagai Library JavaScript merupakan alat yang memungkinkan pengembang web untuk menambah fungsionalitas tambahan ke situs Web mereka. Baca selengkapnya.....

Kembali ke pokok pembahasan yaitu lima cuplikan  jQuery yang sangat berguna dan masih banyak digunakan hingga sekarang ini.

1. Back to Top Button


Back to Top Button

$('a.top').click(function(){

$(document.body).animate({scrollTop : 0},800);

return false;
});


Back to Top Button merupakan hal yang sering kita temukan pada sebuah website, digunakan untuk membuat para pengunjung mudah untuk kembali atau melompat ke halaman atas website apabila sudah berada di bagian tengah maupun bawah website. Item yang lagi trendi ini cara pemasangannya sangat mudah sekali. Anda hanya perlu mengcopy kode diatas tadi dan menambah kode HTML pemanggil yang serupa (dengan <a class="top") untuk membuat tombol yang sebenarnya: <a class="top" href="#"> back to top </a> atau bisa juga menggunakan Logo maupun Icon.

2. Enabling/Disabling Input Fields
2. Enabling/Disabling Input Fields

$('input[type="submit"]').attr("disabled", true);

$(‘input[type="submit"]').removeAttr("disabled”);

Kode diatas berguna untuk tidak ingin pengguna untuk dapat masukan pada bidang tertentu atau pada bagian isi formulir (mengblock, mengblock setelah mengisi beberapa info prasyarat). Baris atas kode akan menonaktifkan elemen input, dan garis bawah akan memungkinkan elemen imput.

3. Zebra Striping
 Zebra Striping


$('li:odd').css('background', ‘#e7e7e7’);

Zebra striping adalah pilihan gaya umum yang sering terlihat di daftar nama atau tabel. Kode di atas akan menambah zebra striping untuk daftar.

4. Prevent Link Functionality
Prevent Link Functionality


$(“a.disable").on("click", function(e){

  e.preventDefault();

});
Potongan kode di atas adalah untuk mengintrol fungsi dari clik. yang akan Anda nonaktifkan dan tidak akan bekerja sama sekali ketika pengguna mengklik itu. Pastikan Anda menentukan atau menghubungkan sebuah link dengan hati-hati, jika tidak, bisa-bisa  menonaktifkan semua link Anda.

5. Toggle Classes
Toggle Classes

$(“.main”).toggleClass(“selected”);

Potongan kode ini sangat berguna untuk mengubah gaya, penampilan, dan bahkan mungkin fungsi dari elemen HTML dengan menambahkan atau menghapus tag tertentu, Oleh karna itu besar kemungkinan sebagai hasil dari pemicu klik viewer.





Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai 5 Cuplikan jQuery yang Sangat Berguna, semoga bermanfaat. Pastikan Anda terus mengunjungi jQueryINDO untuk mendapatan informasi panduan blogger serta SEO. Jika anda tidak ingin ketinggalan artikel yang akan saya posting pada kesempatan berikutnya, silahkan berlangganan artikel via email melalui form berlangganan pada bagian bawah Blog ini, dan sebelum Anda beranjak dari halaman ini, saya sangat senang sekali jika Anda bersedia memberi Like, Share serta memberi G+1 pada artikel ini agar sahabat blogger lainnya juga mengetahui informasi ini. Saya ucapkan terimakasih sebelumnya, semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Review
  • Judul: 5 Cuplikan jQuery yang Sangat Berguna
  • Deskripsi: Lima cuplikan  jQuery yang sangat berguna dan masih banyak digunakan hingga sekarang ini. Bagi Anda seorang blogger atau webmaster pasti ...
  • 4/5 Suara
Penulisan markup di komentar

  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar